huseinisme

6.11.07 - 10:42 AM

Kuliah dan Desainesia


Aku bangun lebih siang pagi ini. Tidak lagi melangkah keluar pintu bersama dengan adik yang masih SMP. Saatnya bisa mandi pagi lebih lama, lalu mencari pakaian yang pas untuk hari ini. Tak perlu lagi risau dasi nyelip dimana atau topi buat upacara-senin ngumpet yang bikin gerah suasana pagi. Sudah siap! Lalu aku pamit (atau kadang tanpa itu, karena 'orang rumah' entah udah pada kemana), berjalan menuju stasiun kereta rel listrik disebelah rumah. Diatas kereta yang melaju, aku berdiri diantara hempitan warga kota yang terlihat sangat sibuk. Aku harus mawas diri, telat langkah sedikit bisa-bisa harus ketinggalan kereta dan menunggu untuk 10 menit kemudian. Tapi perjalanan tak berhenti disitu. Ada bis shuttle yang sudah menunggu untuk mengantarku ke tempat tujuan. Memang terasa sangat jauh. Tapi aku senang karena sadar, aku sudah gede!
Quote diatas diambil dari buku best-seller terbaru, "Husein: Catatan Mahasiswa di Rantuan". Hehe. Seriously, begitulah rasanya kuliah. Tapi gw disini bukan mau cerita soal kehidupan mahasiswa, melainkan sesuatu yang lebih serius. Jangan serem gitu donk, tidak ada pergerakan disini! (Syndrom takut-pergerakan-S**-di-masa-kegelapan)

Kira-kira setahun yang lalu, pas gw lagi sibuk2 nya ngisi formulir pendaftaran kuliah, gw sempet dibikin bingung mau milih jurusan apa. Ada yang bilang karena gw selalu di sinonimkan dengan komputer, maka gw akan masuk fakultas "Computer Science", "IT", atau sebutan yang paling jadul "Informatika". Kenyataannya, tidak sepenuhnya benar! Kenapa? Lanjut!

Kontak awal gw dengan komputer dimulai dengan mengenal hardware, secara ayah "tukang ngoprek" barang elektronik jadi bisa belajar dengannya secara langsung (dan gratis). Malangnya, komputer pertama gw bukan berkuasa Pentium 4, Centrino, Core 2 Duo.. tapi komputer tua yang di-kerja-rodi untuk berjalan dengan Windows 95. Bahkan ngendengerin MP3 aja ga bisa :(
Setelah masa-masa menyedihkan itu, gw diwariskan komputer yang lebih baik. Plus, dibeliin buku "Belajar Macromedia Flash". Jadi ketika itu, gw getol banget bikin animasi flash, dari yang bermutu sampe yang bisa mengeluarkan statement "maksud lo?". Abis itu gw belajar bikin website pake Geocities, pas di jaman internet masih susah dicari. Orientasi komputer gw, lebih ke multimedia atau kata guru seni rupa gw desain komunikasi visual (DKV).

Dari situ gw jadi nggak punya minat untuk jadi programmer. Jadi jangan tanya gw cara nge-hack atau bikin virus. That's not my interest! Apalagi setalah deket sama Mas Sigit, gw jadi ngerasain kalo being a designer is more fun.


Jadi kalo sekarang gw masuk jurusan IT, kayanya kurang klop banget sama minat gw. Kenapa baru nyadar sekarang? Gw sadar sih sebelumnya, cuma banyak kendala. Untuk masuk fakultas DKV berkualitas di Malaysia, ongkosnya selangit. Kenapa ga masuk ITB? Males ah ikut tes masuknya, emang lo kira gampang masuk DKV-ITB? :P

Bukan berarti gw ga nyaman dengan kondisi skarang, its fine. Mungkin ini jalannya untuk belajar ilmu yang lain. Lagian, tahun kedua nanti ada majoring multimedia kok, jadi ya cocok2 aja.

Moral cerita: Kalo minat main2 photoshop, ngedit film, desain web, blogging kalo kuliah nanti disarankan masuk DKV aja, bukan informatika. :D


Desainesia

Mungkin yang suka mampir ke friendster gw sering ngeliat tulisan "designed by desainesia" dibungkus dengan warnya orange. Kalo rajin ngebaca blog ini, scroll sampe bawah, juga bakal nemu logo seperti gambar diatas. Iya, Desainesia. Rumah desain kecil-kecilan milik pribadi. Tapi gw disini bukan mau berbisnis. Malu donk, ilmu desain masih cetek gini mau jualan :P

Desainesia berasal dari gabungan "Desain-Indonesia". Yang gw maksud Desainesia disini adalah lebih kepada proyek komunitas internet Indonesia. Ga ngerti?

Gini. Seiring dengan pertumbuhan internet sebagai media baru, banyak saluran-saluran informasi yang bermunculan. Ada blog, forum, podcasting (kalo soal podcasting tanya ke om yg satu ini). Semua itu menjadi alternatif dari arus media konvensional -- TV, radio, koran. Kelebihan dari media internet adalah bisa di akses dimana2. Pemuda-pemudi Indonesia di rantauan mendapat manfaat akan hal ini. Misalnya yang lagi kangen sama Jakarta (kaya gw) bisa langsung 'mencicipi' informasi2 terbaru dari tanah air, yang lebih merakyat lewat blog.

Nah.. setelah dalam bentuk tulisan dan suara, tinggal bentuk audio-visual yang belum dipopulerkan. Televisi? Iya! Dulu, bikin stasiun TV butuh biaya milyaran rupiah, butuh broadcaster2 yang handal. Meski hanya untuk skala TV regional, kebutuhannya sangat besar. Beruntung ada orang2 genius yang bikin Mogulus. Dengan mudah kita bisa bikin stasiun tv sendiri dan disiarkan lewat internet secara streaming! Jadi nonton TV nya kaya nonton YouTube gitu.


Trus Desainesia-nya?

Desainesia akan jadi wadah buat masyarakat internet Indonesia yang minat broadcasting. Visi terbesarnya adalah membangun stasiun televisi virtual dengan broadcaster yang tersebar di seluruh dunia. Jadi bayangkan aja, nanti akan ada satu saluran televisi di Internet yang penyiarnya adalah kita-kita! Ada mahasiswa Indonesia yang bakal ceritain gaulnya anak-anak Indonesia di Aussie, ada siswa SMP yang meliput suasana 17an di Tokyo dan tentunya ada netter Jakarta yang tampil dengan keadaan terkini di ibukota. Semuanya lewat streaming audio-visual, layaknya nonton TV!

Berminat? Nanti dulu, website Desainesia masih dalam pembuatan :P

Yang jelas proyek ini bukan untuk mengalihkan trend blog atau podcasting tetapi untuk saling melengkapi, kan sama-sama "Suara Baru Indonesia" :D

Sedih, ga bisa ikut Pesta Blogger. Huhuhu


  • desain emang menarik sih.. gw jg pengen.. tp gw blm bsa ngapa"in.. tp gw tertarik di dunia itu. hehehe. bsa minta diajarin nih... *siul2* XD

  • Hi Husein, salam kenal juga! How do you like uni life? :)

  • waaw. o.o
    i'm in awe.
    you are like a computer-genius.
    a whole other level, man.

  • @fairy mahdzan
    hi fairy! it's glad to get contact with you. i've visited your my-indo many times, and its such a great website :D

    uni life so far so good, tapi masih belum banyak berteman sama mahasiswa lokal, mainnya sama yg international student mulu. hehe

    @d is for dangerous
    hehe.. as long as you interested with computer so much, later on you'll be a better user.

    one thing, i'm not computer-genius yet :P

  • halo husein!
    woo u're sooo young:P

    orang informatika dengan jiwa desain.
    bagus juga!hehe
    abis desainer udah kaya jamur di indo. yang bisa photoshop juga udah pada ngerasa jadi desainer:P

    sukses desainesianya!ide bagus bgt ^^

  • @.:nyala
    makasih, makasih :D

    iya nih, pengen cepet2 selesai ujian, ga sabar mau start proyek desainesia :P

  • hehehe..
    congratZ ya udah jadi anak gede.
    gimana lo suka, gak?

    *thx bwt kunjungi balik blog gw ya.. keep visiting please*