huseinisme

17.3.08 - 12:51 PM

In the making: MDA assigment (Part 1)



Keliahatannya belakangan ini nulis tentang kuliah melulu. Iya nih, lagi sibuk-sibuknya kuliah *kok masih sempet ngeblog?* dan alhamdulillah lagi rajin-rajinya juga :D Kali ini soal assignment/project/tugas akhir *apalah namanya* dari subjek Multimedia Development Application (MDA).

Tugasnya adalah membuat iklan komersial dengan memanfaatkan empat elemen multimedia: pictures, animation, video, sound. Dengan begitu saya membagi tugas ini menjadi dua tahap. Tahap pertama yaitu shooting (elemen video) dan authoring/editing (elemen pictures, animation, sound).

Kenapa pictures masuk elemen editing? 'kan harus foto-foto dulu?

Karena yang diminta cuma keterampilan menggunakan Photoshop. Dengan itu, untuk memudahkan, pictures tinggal diambil snapshot video, kemudian di-edit dengan Photshop.

Nah, shooting pertama adalah kemarin. Objeknya: ferris-wheel kebanggaan negara, Eye on Malaysia (selanjutnya disebut si Eye). Terletak di Taman Tasik (danau) Titiwangsa, latar belakan si Eye sangat indah, yaitu langit yang luas dengan matahari senja di sampingnya. Saya ingin mengabadikan si Eye, langit dan sekitarnya (dalam satu frame) dari waktu senja hingga gelap malam. Dalam proses editing nanti, scene ini bakal di fast-forward untuk memberikan efek perubahan warna.

Camcorder di set ke mode LP (Long Play) 90 menit sehingga bisa merekam dengan lebih lama. Siap. Record! Kaset mini DV berputar merekam citra yang tertangkap oleh lensa. Sungguh indah langit sore itu. Warnanya benar-benar jingga saat matahari perlahan-lahan terbenam. Saya lihat disekitar taman, banyak pasangan sedang memadu kasih *euuh!*. Saya pun pernah merasakannya, memang indah rasanya :)

Sayangnya, lampu terang di sepanjang jari-jari si Eye tidak dinyalakan malam ini. Hanya lampu sorot berwarna-warni dipancarkan dari bawah. Padahal si Eye bakal kelihatan lebih cantik dengan lampu-lampu di 'badannya'.

Rekaman transisi warna ini cuma mengambil waktu kurang dari 90 menit. Sisa kaset dipakai untuk merekam si Eye dari jarak dekat.



Ada pertanyaan besar: sebenernya pengen bikin iklan apaan sih?

(Bersambung)