huseinisme

13.3.08 - 8:19 PM

Kuliah di Universiti Malaya (Part 1)


Nggak kerasa udah 9 bulan jadi mahasiswa di universitas tertua di Malaysia ini. Jadi udah waktunya bagi-bagi informasi berkaitan dengan suasana belajar disini. Siapa tahu ada yang berminat pengen kuliah se-kampus dengan saya :D

Kenapa nulis beginian? Ge-er banget sih pengen sekampus sama lo!
Hehehe. Sebenernya UM baru saja membuka pendaftaran mahasiswa internasional untuk program S1, tepatnya bulan Juli tahun lalu -- saat saya memulai kuliah di universitas ini. Dengan begitu bilangan mahasiswa Indonesia yang S1 (baca: anak-anak muda) masih sedikit berbanding dengan universitas lain di Malaysia.

Nah, tulisan ini tujuannya untuk memberi informasi yang jelas mengenai kehidupan di kampus, termasuk bagaimana kehidupan mahasiswa Indonesia. Sekalian juga promosi supaya pada kuliah di UM. biar anak Indonesia makin rame disini :D

Ooo gitu. Jelasin dikit donk tentang UM!
UM adalah perguruan tinggi negeri tertua sekaligus (katanya) merupakan yang terbaik di Malaysia. Punya motto "Producing Leaders Since 1905" karena banyak lulusannya yang menjadi 'orang-orang besar' di negeri ini, misalnya perdana menteri saat ini, Abdullah Ahmad Badawi dan mantan perdana menteri Mahathir Mohamad. Kampus utamanya terletak di daerah Lembah Pantai, tidak jauh dari pusat kota Kuala Lumpur.

Mahasiswa lokal merupakan mayoritas disini (pastinya!) dan mahasiswa internasional sebagian besar berasal dari Timur Tengah, China, Afrika dan Indonesia.

Terus, ada jurusan apa aja?
Jurusan yang ada di UM cukup banyak. Untuk daftar lengkapnya lihat disini. Mahasiswa Indonesia ada yang ngambil jurusan teknik, kounseling, hubungan internasional, pendidikan media, bisnis, ekonomi, pendidikan Islam, bahasa, arsitektur dan ilmu komputer.

Banyak juga ya. Persyaratan masuknya apa aja?
Lulusan SMA bisa langsung mendaftar untuk program S1 di UM. Selain itu terdapat persyaratan Bahasa Inggris, yaitu harus memiliki TOEFL dengan skor 550 keatas atau IELTS dengan band 6 keatas atau General Certificate of Secondary Education (O Level), University of Cambridge dengan minimun C6 keatas atau kelulusan General Certificate of Education (A Level), University of Cambridge. Jika tidak memiliki persyaratan diatas, kamu harus memasuki dan lulus kelas Bahasa Inggris sebelum kuliah dimulai. Lengkapnya bisa liat disini.

Sip! Jadi bahasa pengantar kuliahnya Bahasa Inggris donk?
Iya, namun ada juga beberapa subjek yang menggunakan Bahasa Melayu untuk program Sastera & Sains Sosial.

(bersambung)

Tulisan ini hanyalah berdasarkan pengamatan pribadi dan referensi dari website resmi UM. Mohon maaf jika ada kesalahan atau perubahan informasi. Kunjungi www.um.edu.my untuk lebih jelasnya.

*Gambar diambil dari sini.


  • Assalammu'alaikum..

    Halo.. halo ^^
    Kenalin saya Leni, mm..
    Alhamdulillah sih baru aja dapet student exchange ke UM bulan Desember 2008 ini.
    Saya mahasiswi Indonesia (UI) n pengen banget nanya2x sgala macam info soal UM, ttg kolej-nya, ttg biaya hidupnya, dll..

    Tolong sharing info-nya yah..

    YM saya: jilbaber_86

    Thx before :-)