huseinisme

16.3.08 - 8:42 AM

Kuliah di Universiti Malaya (Part 2)



Lanjutan dari part sebelumnya.

Soal tempat tinggal gimana? Gue ga ada siapa-siapa di Malaysia.
Tenang aja. Di kampus UM ada 12 asrama, yang disebut 'kolej kediaman' dari urutan ke-1 sampai ke-12. Sebagian besar pelajar internasional (termasuk sebagian besar anak-anak Indonesia) ditempatkan di kolej kediaman ke-12, tapi ada juga yang tinggal di kolej kediaman lainnya. Fasilitasnya standar asrama seperti biasa, misalnya kamar mandinya sharing. Kalau mau yang lebih nyaman dengan fasilitas seperti apartemen, bisa tinggal di Rumah Internasional UM yang letaknya tidak jauh dari kampus. Biaya di kolej kediaman lebih terjangkau dibandingkan di Rumah Internasional.

Yah, info kaya begini sih di website UM juga ada. Kapan cerita tentang anak-anak Indonesia-nya?!
Santai donk :D Pokoknya anak-anak Indonesia disini baik-baik, ramah-ramah dan selalu mengharumkan nama bangsa. Hehe. Ada yang berasal dari Aceh, Medan, Riau, Jakarta, Bogor, Bandung, Jawa Tengah, dan lain sebagainya. Ada yang sudah bertahun-tahun di Malaysia, tapi lebih banyak yang baru datang kesini untuk pertama kali. Anak-anak Indonesia disini selalu berbahasa Indonesia dengan baik (baca: Bahasa Indonesia banget!) sehingga sering kali menarik perhatian mahasiswa-mahasiswa lokal :D

Cieilah! Terus, sering ada kegiatan apa aja nih mahasiswa kita?
Banyak! Mulai dari olahraga sampai kegiatan kebudayaan. Sering ada pertandingan olahraga antar mahasiswa Indonesia UM, ataupun dengan mahasiswa Indonesia di universitas lain. Biasanya yang ngadain PPI, dan olahraga favoritnya adalah sepakbola/futsal. Kita juga sering nampil untuk acara kesenian Indonesia. Yang jelas kita nggak pernah 'turun ke jalan' seperti teman-teman di tanah air, soalnya mahasiswa di Malaysia tidak diperbolehkan berpolitik.

Oh ya, belajar di UM gimana? Berat ga?
Hmm, kalau yang ini susah mau jawabnya, soalnya saya cuma ngerasain jadi anak Fakultas Sains Komputer & IT. Belum tentu sama pendapatnya dengan yang di fakultas lain. Tapi yang selama ini saya rasain sih, kuliah di UM nggak begitu terlalu berat. Semester pertama ngambil 13 SKS. Lalu kalau IPnya diatas 3.0, semester kedua bisa ngambil sampai 19 SKS. Ada beberapa dosen yang peduli banget soal absen, jadi cuma yang absennya 80% dan keatas aja yang bisa ikutan Ujian Akhir Semester. Sebagian besar kelas dibagi dua sesi, lecture dan tutorial. Untuk fakultas saya ada lab nya juga. Final Assignment/Project juga menanti di sebagian besar subjek. Yang enaknya, libur semester di UM tergolong panjang. Libur semester kedua ini aja kurang lebih 2 bulan.

Tertarik juga nih! Ntar yah, gue mikirin Ujian Nasional dulu nih, 6 mata pelajaran bo!
Hehe. Sip lah! Sekarang, kalau punya niat pengen kuliah di Malaysia, jangan cuma ngelirik MMU atau UIA aja, di UM juga asik kok! *promosi bgt*


Akhirnya, selamat menempuh perjuangan terberat di masa SMA (baca: Ujian Nasional)! Saya yakin teman-teman bisa melakukan yang terbaik. Good luck :D


Tulisan ini hanyalah berdasarkan pengamatan pribadi dan referensi dari website resmi UM. Mohon maaf jika ada kesalahan atau perubahan informasi. Kunjungi www.um.edu.my untuk lebih jelasnya.